Tidur siang, kesehatan dan pahala :)

qailulahTidur siang, suatu kebiasaan kecil yang sering terabaikan. Mungkin karena kesibukan yang kita jalani, atau karena anggapan bahwa tidur siangadalah hal yang tidak penting. Padahal sebenarnya kegiatan ini berdampak baik pada kesehatan orang-orang yang terbiasa melakukannya. Berikut beberapa manfaat tidur siang bagi kesehatan :

1. Meningkatkan daya ingat
Sebuah penelitian tahun 2008 menemukan bahwa peningkatan daya ingat terjadi dalam fase slow-wave sleep atau tidur gelombang pendek sebagaimana biasa terjadi saat tidur siang.

2. Meningkatkan produktivitas
Tidur siang dapat melindungi otak dari pengolahan informasi yang terjadi secara berlebihan dan membantu mengkonsolidasikan informasi yang baru dipelajari, sehingga akan meningkatkan konsentrasi dan produktivitas.

3. Mengobati insomnia
Penelitian telah menemukan bahwa orang yang tidur siang selama 15 menit merasa lebih waspada dan kurang mengantuk, bahkan ketika malam hari sebelumnya kurang tidur. Sebuah penelitian tahun 2011 menegaskan tidur siang cenderung membuat penderita insomnia jadi lebih bugar karena total waktu istirahatnya jadi lebih panjang.

4. Menurunkan stres
Penelitian menunjukkan bahwa hormon stres kortisol secara dramatis mengalami penurunan setelah tidur siang, terutama jika semalam tidurnya kurang nyenyak.

5. Mencegah penyakit jantung dan stroke
Peneliti Yunani menemukan bahwa orang yang tidur siang setidaknya 30 menit selama 3 kali dalam seminggu dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 37 persen. Menurut penelitian ini, tidur siang yang sehat sebaiknya dilakukan antara pukul 1-3 siang selama tak lebih dari 45 menit.

Karena pentingnya, aktivitas tidur siang sudah menjadi budaya masyarakat di berbagai negara. Misalnya saja siesta, istilah tidur siang dalam budaya Spanyol dan sekitarnya. Selain itu, ada juga wu jiao yang berlaku di Cina dan Taiwan, bahkan sebagian besar sekolah dasar di dua negara ini mencanangkan program tidur siang di sekolah yang harus dilakukan siswa-siswinya.

Qailulah, istilah dalam bahasa Arab yang berarti tidur/isitrahat siang, ternyata juga merupakan anjuran dalam agama Islam.

Tidur siang disebutkan dalam Al-Quran. Allah Ta’ala berfirman,

وَمِنْآَيَاتِهِمَنَامُكُمْبِاللَّيْلِوَالنَّهَارِوَابْتِغَاؤُكُمْمِنْفَضْلِهِإِنَّفِيذَلِكَلَآَيَاتٍلِقَوْمٍيَسْمَعُونَ

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya.Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan” (Ar-Ruum :23)

Demikian juga diperintahkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,

قِيْلُوافَإِنَّالشَّيَاطِيْنَلاَتَقِيْلُ

Qailulah-lah (istirahat sianglah) kalian, sesungguhnya setan-setan itu tidak pernah istirahat siang.”

Qailulah, suatu aktivitas yang mudah dilakukan, menyehatkan tubuh dan mendapat pahala jika diniatkan untuk mengikuti sunnah Rasulullah SAW. Jadi, jangan ragu lagi, yuk biasakan qailulah 🙂

giphy

 

cr:

muslimafiyah

id.wikipedia

 

Advertisements

One thought on “Tidur siang, kesehatan dan pahala :)

  1. Pingback: K3D KEBUMEN | Tidur siang, kesehatan dan pahala

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s